Cara Mudah Usir Depresi



Depresi adalah masalah yang kerap dialami orang tanpa mengenal batas usia dan kelas sosial. Dampak terparah dari depresi adalah memicu keinginan bunuh diri.

Pada dasarnya depresi disebabkan tiga faktor, yakni organobiologis, psikologis, dan sosio-lingkungan. Khusus faktor psikologis, depresi biasanya terjadi karena tekanan beban psikis.

Berikut adalah beberapa cara mudah mengusir depresi :

Menyantap makanan yang tepat

Saat seseorang mengalami depresi, nafsu makannya pun cenderung menurun. Cobalah menyantap makanan, seperti kacang, tomat, cokelat hitam, gandum utuh, madu, dan kelapa untuk meningkatkan suasana hati. Seperti diketahui makanan tersebut mampu meningkatkan level endorfin atau lebih dikenal sebagai hormon bahagia.

Olahraga
Hormon bahagia juga bisa dihasilkan lewat olahraga. Peneliti menemukan bahwa tingkat depresi pada pasien yang berolahraga selama 1,5-2 jam setiap pekan, lebih rendah.

Hindari menonton televisi hingga larut malam

Menurut studi yang dilakukan peneliti AS, duduk di depan komputer, televisi hingga larut malam atau hingga tertidur bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami depresi. Oleh karena itu Anda disarankan untuk menghindari aktivitas tersebut.

Pergi ke luar ruangan
Ingin merasa lebih bahagia lagi? Pergilah keluar rumah untuk menghirup udara segar dan terpapar sinar matahari. Beberapa penelitian membuktikan bahwa serotonin --hormon yang berpengaruh pada rasa bahagia-- akan meningkat ketika orang mendapatkan lebih banyak cahaya matahari.

Berada di sekitar orang-orang positif

Mengisolasi diri sendiri hanya akan membuat suasana hati lebih buruk. Lebih baik perbanyak berteman dengan orang-orang yang berpikiran positif dan energik. Salah satu caranya Anda bisa bergabung dengan klub atau kelompok yang memiliki hobi sama.
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dosen Lintas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger